Teknik Presentasi: Top 10 Tips

By | December 31, 2011

Bagaimana teknik presentasi yang baik dan benar sehingga efektif? Banyak cara, namun di bawah ini ringkasan semua teknik presentasi yang dianggap paling efektif.

1. Use visual aids.
Gunakan Alat Bantu Visual. Menggunakan gambar, bukan kata-kata, dapat melipatgandakan kemungkinan pencapaian tujuan presentasi. Satu gambar bernilai 1.000 kata, bukan? A picture is worth a thousand words!

2. Keep it short and sweet!
Ringkas dan “manis”. Pepatah lama mengatakan, “No one ever complained of a presentation being too short”. Tidak ada yang pernah mengeluhkan presentasi yang terlalu pendek. Tidak ada yang lebih “membunuh” sebuah presentasi selain terlalu lama. Usahakan presentasi Anda di bawah 22 menit!

3. Use the rule of three
Gunakan aturan tentang tiga hal. Sebuah teknik sederhana adalah bahwa orang cenderung hanya mengingat tiga poin. Maka, gunakan maksimum tiga poin pada slide!

4. Rehearse
Berlatih. Practice makes for perfect performance. Latihan menjadikan penampian sempurna. Banyak ahli mengatakan, latihan adalah hal terbesar yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan penampilan Anda. Lakukan presentasi Anda dengan keras setidaknya empat kali. Salah satunya harus di depan audiens yang benar-benar “menakutkan” Anda (a real scary audience) –keluarga, teman, atau kolega. Even the dog is better than nothing. Bahkan, di depan anjing pun ok. Iu lebih baik daripada tidak.

5. Tell stories
Sampaikan cerita. Semua presentasi adalah jenis teater. Ceritakan kisah dan anekdot untuk membantu mengilustrasikan poin. Ini akan menjadikan presentasi Anda lebih efektif dan mengesankan.

6. Lose the bullet points – don’t put your speaker notes up on the screen
Kehilangan pointer. Jangan menaruh catatan pembicaraan di layar. Tampilkan di layar hanya poin-poin, bukan “naskah pidato” Anda. Untuk membuat presentasi Anda lebih efektif menempatkan catatan pembicara dalam catatan Anda dan tidak muncul di layar.

7. Video yourself
Video Anda sendiri. Atur kamera video dan video presentasi Anda sendiri. Setting sendiri alat presentasi Anda –senyaman mungkin.

8 . Know what slide is coming next
Ketahui slide berikutnya. Anda harus selalu tahu kapan presentasi slide yang muncul berikutnya. Terdengar “powerful” ketika Anda mengatakan “pada slide berikutnya kita akan lihat….”. Di sinilah kian terasa pentingnya persiapan dan latihan!

9. Have a back-up plan
Miliki rencana cadangan. Siapkan “materi cadangan” kalau-kalau slide tidak muncul, listrik mati, tidak ada pengeras suara, “presentasi menampilkan hal aneh pada laptop”, dan sebagainya. Miliki “hard copy”, materi tercetak. Biasanya, jika Anda siapkan “back-up plan”, Anda jarang harus menggunakannnya!

10. Check out the presentation room
Periksa ruang presentasi. Datanglah lebih awal dan periksa ruang presentasi. Pastikan slide Anda dimuat di PC dan muncul di layar.

Apakah Anda setuju dengan teknik-teknik presentasi efektif di atas? Apakah Anda memiliki pengalaman seperti itu? (www.romeltea.com. Sumber: presentationmagazine.com).*

http://romeltea.com/teknik-presentasi-top-10-tips


Tags:cara presentasi yang baik dan benar teknik presentasi yang baik teknik presentasi cara presentasi yang baik teknik presentasi yang baik dan benar teknik presentasi yang efektif metode presentasi presentasi yang baik dan benar teknik presentasi efektif metode presentasi yang baik